Wednesday 3 April 2013

TUGAS PORTOFOLIO 3 REPRODUKSI (ABSTRAK)


ANALISIS MAKNA ALIH KODE PADA CERITA HUMOR BBM
DARI SITUS “humorbbm.wordpress.com



Abstrack

Dapat kita ketahui bahwa kepentingan bahasa itu hampir mencakup segala sesuatu bidang kehidupan karena segala sesatu yang dihayati, dialami, dirasakan, dan dipikirkan oleh seseorang hanya dapat diketahui orang lain jika telah diungkapkan dengan bahasa, baik lisan maupun tulis.
Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan makna alih kode dalam humor blackberry. Teknik analisa data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode agih. Metode agih merupakan metode analisis data yang alat penentunya berasal dari bahasa yang bersangkutan itu sendiri.
Hasil analisis alih kode pada cerita humor dalam situs humorbbm.wordpress.com menunjukan bahwa terdapat: 12 kasus alih kode  Memberikan Penjelasan, 1 kasus alih kode Menunggu, 1 kasus alih kode  ajakan, 2 kasus alih kode  Memuji, 2 kasus alih kode yang  Mengungkapan kebingungan, 3 kasus alih kode yang  Memberikan Alasan, 1 kasus alih kode yang Memberikan Harapan, 2 kasus alih kode yang Mencari Perhatian, 6 kasus alih kode yang mengungkapan Perasaan.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa cerita humor BBM situs humorbbm.wordpress.com Alih kode yang paling dominan dalam penelitian ini adalah kasus alih kode yang  Memberikan Penjelasan

No comments:

Post a Comment